Memilih mainan yang aman untuk Anak

Labels:

Anda pasti merasakan betapa berbedanya kondisi anak sekarang dengan kondisi anda sewaktu kecil? Anda masih banyak menemui lagu-lagu yang memang diperuntukkan untuk anak-anak dengan berbagai tema mendidik. Berbeda dengan kondisi sekarang bahwa anak-anak sering menyanyikan lagu dewasa dikarenakan langkanya lagu anak-anak.
Betapa dulu anda bisa bebas bermain bersama teman-teman dengan berbagai permainan yang terbuat dari bahan-bahan di sekitar anda. Hal tersebut sangat membantu meningkatkan kreativitas anak-anak.

Kemudian muncullah era robot, mobil-mobilan, atau boneka dari plastik dengan harga terjangkau, terlebih dengan masuknya mainan-mainan dari China dengan harga sangat murah. Hal tersebut menjadi pilihan utama para orang tua tanpa mempertimbangkan segi pendidikan dan keamanan bahan yang dipakai. Kemudian hal itulah yang memicu munculnya banyak mainan anak yang lebih mendidik.

Selain itu, wisata edukasi pun sedang menjamur. Jika wisata tersebut belum terdapat di kota anda, mainan anak yang terbuat dari kayu bisa menjadi pilihan. Selain bahannya yang aman, mainan kayu juga bisa diarahkan ke mainan yang mendidik. Anda bisa memilih mainan yang berjenis bongkar pasang, sehingga bisa melatih otak anak untuk merangkai dan berkreasi. Salah satunya adalah Lego yang bisa terbuat dari berbagai jenis material. Lego mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan otak anak.

Namun satu hal yang tetap harus anda ingat, perhatikan material yang dipakai. Anak-anak cenderung sering menggigit mainan mereka. Mainan yang terbuat dari plastik yang beredar sekarang ini, banyak mengandung zat berbahaya yang dapat memicu kanker. Oleh sebab itu, perhatikan selalu material bahan mainan anak anda. Dan tentu saja jangan lupakan segi pendidikan dalam mainan tersebut. Satu lagi, pilih mainan yang sesuai dengan umur anak anda. Sehingga anak anda bisa berkembang melalui tahap-tahapnya secara sempurna.